Kamis, 28 Mei 2009

Sosialisasi e-jurnal

Hari ini, dari pagi jam 7.30 sampe kira-kira jam 15.00 aku berkeliaran di kampus. Padahal hari ini, sama sekali tidak ada kuliah. Mata kuliah Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), dosennya ke Bojonegoro. Mata kuliah Sosiologi, dosennya nggak bisa ngajar. Alhasil, seharian tadi kuhabiskan waktu bersama kelompokku, untuk menyelesaikan tugas presentasi AKK yang insyaallah kelompokku majunya minggu depan. Mengedit power point tepatnya, karena makalahku sudah selesai. Dan besok rencananya akan dikonsulkan (berharap nggak banyak yang salah >_<). Waktu tak terasa cepat berlalu. Dari jam 8.00 sampe jam 12.00, akhirnya mengedit presentasinya selesai juga. Aku dan teman-temanku satu kelompok memutuskan untuk pulang karena nggak ada lagi yang bisa dikerjakan di kampus. Kan enak bisa istirahat di rumah hehehe...

Aku melirik jam tanganku. Jam 12 lebih 5 menit. Awalnya aku mau pulang. Bahkan sudah sampai tempat parkir motor. Tiba-tiba aku teringat, hari ini kan ada sosialisasi e-jurnal Unair di labkom dan komting kelasku memintaku buat nyari 10 orang yang mewakili kelasku. Segera saja aku balik ke dalam dan mencari teman-temanku yang masih belum pulang dan tentunya tidak ada kegiatan lain. Akhirnya aku bertemu beberapa dari mereka. Tapi setelah kutawari, tidak ada yang mau. Aku sempat bingung juga. Berpikir sejenak, mending aku shalat Dhuhur saja dulu. Mungkin nanti, ada teman yang mau ikut sosialisasi itu. Setelah sholat Dhuhur, aku bertemu beberapa teman lagi, dan mereka mengajakku makan di kantin. Aku mau-mau saja, karena dari tadi pagi aku memang belum sarapan, hanya minum susu. Di kantin,akhirnya aku makan bakso. Lagi pengen sih..Mereka kutawari ikut sosialisasi juga tidak bisa. Aku berkata dalam hati, wah, pasrah aja deh.. Aku sendiri juga nggak apa. No problemo!! Hehehe...

Jam tanganku udah menunjukkan pukul 1. Akhirnya aku pamit sama temanku, mau ke labkom. Saat melangkahkan kaki ke sana, aku berpikir jangan-jangan tiap kelas udah punya wakil 10 orang. Gimana kelasku?!! Tapi saat aku sampai di depan ruang labkom dan disuruh absen, aku cukup terkejut. Ternyata yang hadir malah dosen-dosen dan ketua beberapa Departemen di FKM UA. Saat mau menuliskan namaku, aku membaca nama yang tertera di atasku. Hufh, aku lega ternyata teman sekelasku ada yang mau hadir juga. Sampai-sampai aku lupa menuliskan semester 2A jadi semester 2 aja. Dasar payah! Aku melangkah masuk, benar saja aku bertemu dengan teman sekelasku. Dia memintaku untuk sms wakil komting buat hadir juga, tapi ternyata tak ada balasan sampai acara mau dimulai.

Acara sosialisasi e-jurnal Unair itu pun dimulai. Sebenarnya aku capek banget, tapi kupaksakan untuk mendengarkan dengan baik. Dari sosialisasi itu, aku mengetahui bahwa Unair sudah mengalokasikan dana lebih kurang 1 M (wow!!) untuk berlangganan e-jurnal. Namun, pemanfaatannya belum maksimal. Itulah tujuan dari sosialisasi ini. Agar mahasiswa tahu dan mau mengakses e-jurnal tersebut demi menambah pengetahuan mereka dan dana yang dikeluarkan Unair tidak mubazir juga. Pembicara juga menghimbau dosen agar memberikan tugas yang berintegrasi dengan e-jurnal tersebut.

Cara pengaksesan e-jurnal ini juga diajarkan dalam sosialisasi ini. Website jurnal yang bisa diakses antara lain :
www.springerlink.com
www.sciencedirect.com
www.emeraldinsight.com
www.proquest.com
Untuk membaca jurnal pada website proquest ini, kita harus mengirimkan email kepada perpustakaan Unair, untuk mengetahui password yang akan diperbarui setiap bulannya.
www.infotrac.galegroup.com/itweb/idua
Untuk website yang terakhir ini, kita juga harus tahu passwordnya. Tapi yang ini passwordnya, kata pembicara tadi, tetap koq. Mau tahu?? Hubungin aku aja ya^_^!!

Selain jurnal, Unair juga menyediakan fasilitas buku digital yang bisa diakses di ebooks.lib.unair.ac.id
Namun, buku yang di-upload baru sekitar 1000-an. Kata pembicara, sekarang para pegawai perpus tiap hari pekerjaannya mengupload file buku, agar tiap hari jumlah buku digitalnya terus bertambah. Buat teman-temanku yang di Unair, coba saja buka alamat web yang kusebutkan tadi. Semoga bisa membantu ya!!

Ternyata sosialisasi tadi sangat bermanfaat. Aku rasa setiap mahasiswa Unair juga harus tahu tentang e-jurnal ini, demi memajukan Unair pada umumnya dan civitas akademik pada khususnya. Universitas Airlangga, Excellent with Morality!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar