Senin, 25 Mei 2009

Flu Babi Menggemparkan Dunia

Teman-teman, tau kan virus baru yang akhir-akhir ini sangat mendunia?! Hehehe, yap bener banget! Penyakit Flu Babi yang disebabkan virus H1N1 (Hemagluttinin 1 Neuraminidase 1) merupakan virus influenza tipe A. Virus Influenza tipe A ini merupakan tipe influenza yang paling berbahaya daripada influenza tipe B dan C. Sebab bisa menyerang manusia, hewan, termasuk burung. Saat ini Flu Babi sudah bersifat pandemi karena penularannya bersifat lintas antarnegara.

Sebelumnya virus H1N1 ini tidak ada di dunia. Namun, karena adanya mutasi antara virus H5N1 alias penyebab flu burung yang juga booming beberapa waktu lalu, dengan virus yang ada pada diri manusia sendiri, akhirnya terbentuklah virus H1N1. Menurut penjelasan dosenku dari FK-UA dept. mikrobiologi tadi siang, biasanya peternakan babi memiliki suatu kolam air tempat babi-babi itu minum. Nah celakanya, tidak hanya babi yang minum air di situ, tapi ada juga beberapa hewan unggas seperti bebek yang minum di kolam tersebut. Nah, kotoran bebek tadi bisa saja masuk ke kolam air itu dan airnya terkontaminasi lalu airnya diminum oleh babi. Padahal bisa saja, bebek tadi sedang mengidap virus H5N1. Akhirnya virus H5N1 itu masuk ke tubuh babi dan babi ada kontak dengan manusia yang tubuhnya juga mengidap suatu virus. Terjadilah mutasi pada tubuh babi dan terbentuklah virus H1N1.

Flu babi saat ini sangat booming. Padahal bila dibandingkan dengan flu burung , flu burung ini lebih cepat mengakibatkan kematian daripada flu babi. Namun, yang ditakutkan oleh manusia, flu babi ini bisa menular antarmanusia, sedangkan flu burung belum ditemukan bukti bahwa bisa menular antarmanusia. Sampai detik ini flu babi belum sampai di Indonesia dan kuharap juga tak pernah menyentuh Indonesia. Amin..^^

Yang bisa kita lakukan sekarang adalah upaya kesehatan yang bersifat preventif alias pencegahan dengan menjaga kebersihan diri, makan-makanan yang bergizi, jaga kondisi tubuh agar selalu fit, sanitasi lingkungan yang baik dan hindari kontak dengan babi kalaupun terpaksa ada kontak dengan babi lebih baik pake masker deh. Oke?!! Siipp dah!!

2 komentar: